Tips Agar Daging Cepat Empuk Lezat Dan Tidak Alot

Posted on

Tips Agar Daging Empuk – Tips agar daging cepat empuk, lezat dan tidak alot saat dimasak. Daging menjadi salah satu kebutuhan pangan yang dibutuhkan tubuh dan jjuga pangsa pasar yang ada cukup banyak. Kebutuhan daging baik sapi maupun kambing selalu menjadi prioritas. Bagi anda yang sudah memahami karakter daging yang biasa anda beli mungkin mengolah makanan berbahan dasar daging baik kambing maupun sapi sudah biasa. Hasil olahan pun terasa enak, lezat bahkan empuk tidak alot.

Namun bagaimana jika anda yang kebetulan tidak memahami cara memasak daging ala koki profesional yang memiliki olahan empuk dan tidak alot. Yang kebetulan moment lebaran idul adha atau hari raya kurban sebentar lagi, sedangkan anda belum siap dengan tips memasak daging sapi maupun kambing hasil pembagian panitia kurban. Mistergalau akan membagi tips agar daging kurban anda nikmat dimakan dengan enak, empuk dan tidak alot.

Tips-Agar-Daging-Empuk Tips Agar Daging Cepat Empuk Lezat Dan Tidak Alot
Tips Agar Daging Empuk

Resep Daging Kambing

Resep Rica-Rica Kambing

Mengolah daging yang memiliki karakter bermacam-macam memang membutuhkan kesabaran. Apalagi daging yang terbilang memiliki umur yang sudah tua sehingga karakter keras dan alot sudah pasti. Sedangkan untuk daging yang masih segar dengan usia muda pun tidak jaminan akan terasa empuk. Semua kembali kepada cara memasak dan cara mengemas agar daging empuk saat dimasak.

Banyak yang tidak sabar dalam mengolah daging kambing atau sapi dalam memasaknya. Apalagi moment idul kurban yang dinantikan biasanya memasak pun dengan cara yang asal-asalan sehingga daging yang harusnya bisa dimasak maksimal dengan empuk dan alot pun menjadi keras dan alot.

Tips Agar Daging Empuk Tidak Alot

1. Potong Daging Melintang Seratnya

Cara ini juga cukup krusial dalam memotong daging sapi. Teknik memotong daging sapi yang benar akan membuat dagingnya lebih empuk saat disantap.

Caranya, memotong daging sapi mesti melawan alur uratnya. Kemudian potong daging sapi dengan melawan arah serat dagingnya.

2. Bungkus Dengan Daun Pepaya

Cara yang sangat umum digunakan dengan membungkusnya menggunakan daun pepaya. Daun pepaya memiliki enzim papain yang berfungsi sebagai pelunak serabut daging.

Caranya, remas-remas daun pepaya muda hingga keluar getahnya, kemudian bungkus daging secara merata, diamkan selama kurang lebih 30 menit sebelum dimasak. Cara ini cocok untuk masakan daging yang dibakar seperti sate maupun steak.

3. Gunakan Meat Tenderizer Tool

Alat ini memiliki 24 mata jarum yang berfungsi memotong serat daging sehingga lebih lunak dan empuk. Cara ini merupakan salah satu cara paling mudah, cepat dan praktis untuk mendapatkan daging yang empuk sekaligus bumbu yang lebih dapat meresap. Kelebihan yang dimiliki dari alat ini tentunya bumbu yang ada akan mudah meresap ke dalam daging sehingga rasanya lebih enak.

4. Celupkan Dengan Parutan Nanas

Ini merupakan cara tradisional yang ampuh dan cepat untuk membuat daging empuk. Caranya, potong daging dan siram dengan air panas, lalu celupkan dalam parutan air nanas muda selama 3-4 menit. Pilihlah nanas yang masih berwarna hijau. Dan cara ini cocok untuk daging yang akan dimasak dengan cara ditumis atau dibuat sayur.

5. Lumuri Dengan Kiwi

Salah satu buah yang dapat membuat empuk daging adalah buah Kiwi. Kiwi mengandung enzim actinidin yang mampu membuat daging menjadi cepat empuk.

Caranya, iris tipis buah kiwi, lalu letakkan berjajar diatas permukaan daging selama 30 menit. Untuk perkiraan 1 kilo daging biasanya membutuhkan 4 buah kiwi agar hasilnya maksimal.

6. Kulit Pisang

Manfaat kulit pisang dapat membuat daging lebih empuk dan juga gurih. Kulit pisang juga bisa membuat daging tidak mudah kering dan tentu saja tidak merubah cita rasa daging.

Caranya, pilihlah kulit pisang dari pisang yang sudah matang, lalu cuci sampai bersih dan masukkan ke dalam panci pemanggang atau oven. Masak sampai dagingnya matang. Kulit pisang ini akan membuat daging cepat empuk, kenyal dan gurih.

7. Rendam Dalam Teh Hitam

Kandungan tanin di dalam teh hitam berfungsi sebagai pengempuk alami. Caranya, buat 1-2 cangkir teh hitam yang pekat, diamkan sampai agak dingin kemudian rendam daging alam air teh beberapa menit.

8. Pukul-pukul Dengan Pemukul Daging

Teknik ini meupakan salah satu cara yang bisa digunakan. Dengan memukul-mukul daging menggunakan alat pemukul daging maka serat yang ada dalam daging menjadi terputus atau lembut sehingga mudah empuk. Lakukan ke dua sisi daging agar empuknya merata.

 

Demikian Cara Mudah Membuat Daging Empuk yang bisa anda lakukan dirumah dengan menggunakan alat dan bahan sederhana. Ciptakan masakan enak dirumah anda untuk mendapatkan citarasa Masakan Nusantara yang nikmat, enak dan lezat. Pilihlah bumbu yang tepat dan alami untuk hasil yang maksimal. Dengan cara dan bumbu yang tepat memasak daging kambing atau sapi menjadi menu masakan yang sesuai dengan selera kelarga anda dan tidak merubah cita rasa daging alami yang dimiliki. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terima kasih..

Save

Save

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *